video

video
Minggu, 18 Oktober 2015

Belajar Dari Pengalaman Studi Banding KE Surabaya Yang PADA dilakukan tgl 16-17 Juni 2011oleh Tim SEMAC (Penguatan Kapasitas Pengelolaan Lingkungan Dari Pemerintah Daerah di Indonesia) - JICA Dan beberapa Instansi Dari BLH Kab / Kota di Bogor, Tangerang,



Tangerang Selatan, BPLHD Jabar, Dan Pusarpedal-KLH.   * * * * Menurut Ka. BLH Kota Surabaya (Bp Togar Silaban.) BLH Kota Surabaya TIDAK PERNAH menunda Kasus Lingkungan, SETIAP Pengaduan Segera diproses, Terdapat Sekitar 30.000 di Industri Surabaya, SETIAP Tahun 20 - 21 industri hati Proses hukum. Pembelajaran Suami bertujuan untuk review mengetahui Pengelolaan DAS di Surabaya. 
Program Pengawasan Dan Pengendalian PENCEMARAN Udara di Kota Surabaya diantaranya Pemantauan KUALITAS badan Pesawat, Pengendalian Sumber PENCEMARAN, Pengawasan Dan Pengendalian Kegiatan usaha, Serta Kerjasama DENGAN BLH provinsi Mengenai Patroli Udara.

Untuk Pengelolaan sungai Brantas Kali Udara shalat Satu kegiatannya Adalah DENGAN adanya Patroli Udara. Udara Patroli dibentuk didasari DENGAN adanya Kasus PENCEMARAN Kali Surabaya. Kerjasama Patroli melibatkan Udara beberapa Instansi, Kesepakatan Yang ditandatangani Diposkan Polwiltabes Surabaya, Ka. BLH Prov. Jatim, Dan Ka. BLH Kota Surabaya. Kegiatan ini Label dibantu Diposkan PJT (Perum Jasa Tirta I).
BLH Kota Surabaya mempunyai Kiat Khusus hati Pengelolaan sungai seperti penanganan Limbah Domestik. Untuk HAL tersebut diperlukan komitmen Yang Tinggi Dari Pemimpin, konsisten, sedangkan Anggaran dijadikan SEBAGAI stimulan. Tahun Suami Jatim mendapat PENGHARGAAN Adipura, Adiwiyata Dan Kalpataru.
Untuk Pengendalian Limbah Domestik PENCEMARAN di Kali Surabaya dibangun IPAL komunal Domestik DENGAN Sistem cluster, HAL Suami DAPAT contoh dijadikan Bagi daerah adalah Adalah Adalah lain. IPAL klaster Karah, RT 04/05 RW 06, Surabaya dibangun PADA Th. 2008. Terdapat 74 klaster DENGAN Kapasitas 45-75 KK / cluster Yang mencakup Kota Surabaya dan Kab. Gresik. Kegiatan Suami dikoordinasi melalui RT / RW melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Yang terdiri Dari 30% ibu-ibu 70% bapak-bapak, Pemeliharaan dilakukan 1x1 bulan SECARA gotong-royong. Proses Yang PADA digunakan IPAL Adalah Proses anaerobik Baffled Reactor (ABR) Dan Bawah Permukaan Arus s ystem (SFS) Wetland.
Walau Malam Sudah Mulai Larut, Tim Studi TUR Suami menyempatkan Diri untuk review mampir KE rumah LSM Yang mendapat PENGHARGAAN Goldman Environmental Prize Yang diberikan ditunjukan Kepada Prigi Arisandi Perbedaan kerja kerasnya hati Pengelolaan Kali Brantas. Banyak Pengalaman Yang DAPAT diambil Dari Kunjungan Suami, Mulai dari MASUK Halaman rumah sederhana tersebut, doa ditemukan (2) tong sampah Yang Sudah didisain ulasan untuk review meninjau Pengolahan Sampah organik, Lubang biopori, Dan rumah pohon, Penghasilan kena Pajak MASUK KE hati RUMAH Ternyata ADA Seorang Ahli sedang membaca buku ... DENGAN ramahnya Kami disambut Dan bersalaman DENGAN Prof. Vincent H. Resh Dari The College of Natural Resources University of California Berkeley, CA USA, Ahli beliau Dan orangutan Yang mengedit Buku Panduan Biotilik Pemantauan Kesehatan Sungai Partisipatif Yang disusun Diposkan Daru Setyo Rini, S.Si., M.Si. 


Prigi Arisandi Banyak Bercerita Mengenai pengalamannya hati identifikasi biota invertebrata Yang Telah lama dilakukan di Kali Brantas. Pembelajaran Yang diberikan ditunjukan Kepada '' masyarakat Dan Anak-anak Sekolah Menengah Pertama dan Atas (SMP / SMA) di Surabaya terutama Yang melakukan akan Tugas Akhir / Penelitian. Studi Mengenai Biota TIDAK bertulang Belakang Indikator KUALITAS Air (BIOTILIK). PANDUAN Pengenalan Biotilik Keluaran Ecoton Suami Dibuat Sangat Sederhana DAPAT dipelajari Diposkan SEMUA orangutan, Binatang Yang diamati berukuran Kurang Dari 2 mm, review untuk review mengetahui JENIS invertebratanya Harus menggunakan kaca pembesar / mikroskop.
Prigi menerangkan Kehidupan Binatang dipengaruhi Diposkan Udara, MAKANAN Dan Tempat Tinggal, disamping Oksigen, temperatur, Udara Aliran KECEPATAN, mineral, Dan cahaya. Keberadaan Binatang-Binatang Yang Hidup di Suatu sungai DAPAT menunjukkan Tingkat PENCEMARAN di sungai tersebut (Polusi Indikator) Tabel 1. Kelompok-Kelompok Yang disusun berdasarkan Toleransi (daya tahannya) Terhadap PENCEMARAN, Mulai Yang Hanya DAPAT Hidup di Sangat Udara Bersih, Hingga Yang tahan di pagar Udara Kotor. Kami diajarkan bagaimana menggunakan Buku Panduan tersebut.
Tabel 1. Tabel Disetor yangtelah Binatang Dan Skor
Nama Binatang
Skor
Cacing Larva
1

Larva mrutu biasa
2

Belatung ekor tikus
3

Lintah
3

Kepiting sungai
3

Kerang
3

Siput Tanpa 'Pintu'
3

Nimfa capung Jarum ekor Tebal
3

Nimfa capung Dobson
4

Nimfa Capung sialid
4

Nimfa lalat Sehari perenang
4

Larva lalat ATAU nyamuk lainnya
5

Cacing pipih
5

Larva Kumbang
5

Kumbang dewasa
5

Kepik pajalan kesemek
5

Anggang-Anggang
5

Kepik perenanga Punggung
5

Kepik pendayung
5

Kepik lainnya Udara
5

Siput ber "pintu",> 15 mm
6

Kijing
6

Limpet air tawar
6

Nimfa capung biasa
6

Nimfa capung Jarum lainnya
6

Larva ulat Udara (Tanpa katung)
7

Larva ulat kantung Udara (kantung Terbuat Dari dedaunan)
7

Nimfa lalat Sehari insang segi empat
7

Udang air tawar Dan udang biasa
8

Kepik Pinggan bermoncong Panjang
10

Larva ulat kantung Udara (kantung pasir Dari ATAU kerikil)
10

Nimfa lalat Sehari pipih
10

Nimfa lalat Sehari insang bercabang
10

Nimfa lalat Sehari penggali
10

Nimfa plekoptera
10

Jangka Waktu Jangka Waktu Skor


Jangka Waktu Tipe Binatang


Indeks KUALITAS Air


(sumber: PANDUAN Pengenalan Biotilik Kali Brantas-Ecoton).
Apabila kitd menemukan hati Binatang Yang ADA Tabel 1. (Walau Hanya Satu), beri Tanda √ PADA tabel. Penghasilan kena Pajak Seluruh Binatang diamati, Disetor harga: Jumlah Harga: Tambahkan SKOR Dari tiap Binatang Yang ditemukan ITU Dan hitung rata-rata DENGAN SKOR membagi Disetor DENGAN Belum Direalisasi JENIS Yang TIMAH PADA tabel (Yang diberi tanda√). Nilai rata-rata Perlu dihitung ulasan untuk review Mengurangi Kesalahan Yang Terjadi DAPAT PADA sampel / cuplikan. Hasil pembagian tersebut Adalah indeks KUALITAS Udara.
Tabel 2. Indeks KUALITAS Air digunakan ulasan untuk review mengkaji KUALITAS Udara:
Skor
KUALITAS Air
0
Luar biasa Kotor (TIDAK ADA Kehidupan sama Sekali)
1,0 - 2,9
Sangat Kotor
3,0 - 4,9
Kotor
5,0 - 5,9
Sedang (rata-rata)
6,0 - 7,9
Agak Bersih Sampai Bersih
8 - 10
Sangat Bersih
(sumber: PANDUAN Pengenalan Biotilik Kali Brantas-Ecoton).

KUALITAS Udara dikelompokkan Dengan Kriteria Baik Sekali, baik, sedang, buruk Dan buruk Sekali, beberapa Kelompok merupakan ketidak ketidak campuran Dari Indikator-Indikator Suami. Indeks KUALITAS Udara Yang tercantum PADA Tabel 2. Merupakan hasil temuan temuan Penelitian di Thailand Utara Dan Kali Surabaya, sedangkan untuk review daerah adalah Adalah berbaring Masih diperlukan Sukarelawan ulasan untuk review mencobanya didaerah lain. Ayo kitd bantu mereka !!! Demi Lingkungan !!.



Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar